Rabu, 28 September 2022

Mengenal Aplikasi MIT Inventor (Pembuat Aplikasi Android Sederhana)

 

Apa itu MIT App Inventor ?

MIT App Inventor Logo
MIT App Inventor Logo

MIT App Inventor (Integrated Development Environment) Merupakan sebuah aplikasi IDE berbasis drag and drop visual block programming yang memungkinkan kita untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android tanpa harus memiliki pengalaman dalam bahasa pemrograman.

Cukup dengan memiliki pemahaman alur logika sebuah program saja, kita sudah dapat membuat sebuah aplikasi android dengan sederhana.

Fitur Visual Block Programming yang ada pada MIT App Inventor ini mampu mengubah bahasa pemrogramman berbasis teks menjadi sebuah block puzel yang dapat kita susun sesuai dengan tindakan yang kita inginkan.

App Inventor merupakan aplikasi opensource berbasis web yang disediakan oleh google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Membuat Project Android Sederhana

Pada bagian ini kita akan coba untuk membuat sebuah project aplikasi android di MIT App Inventor, untuk memulainya kita perlu mengakses alamat https://appinventor.mit.edu/

Setelah muncul seperti dibawah ini, selanjutnya klik Create Apps! untuk memulai sebuah project baru.

Website Utama App Inventor
Website Utama App Inventor

Setelah itu kita akan diarahkan ke Sign in Google Account, silahkan pilih akun google mana yang akan kalian gunakan untuk login ke aplikasi App Inventor ini.

Login Google Account App Inventor
Login Google Account App Inventor

Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman workspace project, disana akan muncul list project apa saja yang sudah kita buat sebelumnya seperti yang saya miliki.

Untuk membuat project baru, pilih menu Start new project yang ada disamping kiri seperti gambar dibawah ini.

Membuat Project Baru App Inventor
Membuat Project Baru App Inventor

Berikan nama project yang akan kita buat, setelah itu klik OK untuk menyimpannya.

Membuat Nama Project App Inventor
Membuat Nama Project App Inventor

Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman editor aplikasi android yang akan kita buat di app inventor, disana kita bisa melihat disamping kiri ada panel komponen tools yang bisa kita drag and drop ke bagian tengah yaitu halaman aplikasi android.

Disamping sebelah kanan adalah bagian properties untuk mengedit rincian dari komponen yang kita sedang pasang, maupun workspace dari android yang sedang kita buat.

Workspace Android App Inventor
Workspace Android App Inventor

Setelah ini kalian dapat langsung mencoba menjelajahi aplikasi app inventor ini, mualilah membuat beberapa tampilan sederhana didalam sana.

Tampilan MIT App Inventor

Pada MIT App Inventor terdapat dua halaman utama, yaitu halaman designer dan halaman blocks. Halaman designer digunakan untuk mendesain tampilan aplikasi dengan berbagai komponen dan layout yang disediakan sesuai dengan keinginan. Sedangkan halaman blocks digunakan untuk memprogram jalannya aplikasi android sesuai dengan tujuan.

halamandesigner

Gambar 1. Tampilan Halaman Designer

halamanblocks

Gambar 2. Tampilan Halaman Blocks

Halaman Designer

Pada halaman designer terdapat beberapa jendela seperti Palette, Viewer, Components, Media, dan Properties. Tools tersebut berfungsi untuk mendesain tampilan aplikasi android sesuai keinginan.

  1. Palette merupakan jendela tempat mengambil komponen-komponen yang dikategorikan dalam beberapa kategori untuk dimasukkan dalam aplikasi yang dibuat. Terdapat kategori User Interface, Layout, Media, Drawing and Animation, Maps, Sensors, Social, Storage, Connectivity, LEGO MINDSTORMS, Experimental, dan Extension.
  2. Viewer merupakan tempat untuk mengatur tampilan komponen pada aplikasi nantinya.
  3. Components merupakan tempat untuk mengatur komponen-komponen yang telah diletakkan di viewer, seperti misalnya mengganti nama komponen, dan menghapus komponen.
  4. Properties merupakan tempat untuk mengatur properti layar, dan komponen-komponen yang digunakan pada aplikasi yang sedang dibuat seperti lebar, tinggi, warna latar, besar huruf, dll.
  5. Media merupakan tempat untuk mengunggah gambar untuk digunakan pada aplikasi yang sedang dibuat.

Pada bagian Palette terdapat komponen penyusun untuk mendesain aplikasi, berikut adalah komponen penyusunnya:

1. User Interface

Simbol

Nama

Fungsi

buttonmit
ButtonDapat mendeteksi ketukan, hold down ketika pengguna menekan tombol, atau ketika pengguna melepas tombol. Ketika button mendeteksi salah satu dari hal tersebut, button akan menjalankan perintah.
checkboxmit
CheckboxDapat mendeteksi ketukan dari pengguna dan mengganti state-nya menjadi true/false (boolean).
datepickermit
Date PickerMemunculkan kalender untuk memilih tanggal.
imagemit
ImageMemasukkan gambar dalam aplikasi.
labelmit
LabelMenampilkan teks dalam aplikasi.
listpickermit
List PickerMenampilkan list yang dapat dipilih oleh pengguna ketika pengguna menekan list.
listviewmit
List ViewMenampilkan list.
notifiermit
NotifierMemunculkan pesan/peringatan pop-up pada aplikasi. Pesan dapat hilang secara otomatis, atau harus menerima input dari pengguna terlebih dahulu baru menghilang.
passwordtextboxmit
Password Text BoxMenyediakan textbox yang menyembunyikan teks yang dimasukkan.
slidermit
SliderMenyediakan progress bar yang dapat digeser.
spinnermit
SpinnerMenampilkan pop-up list dengan elemen yang dapat dipilih ketika ditekan.
textboxmit
Text BoxMenyediakan area untuk mengetik teks.
timepicketmit
Time PickerMemunculkan jam untuk memilih waktu.
webviewermit
Web ViewerMenyediakan area yang dapat menampilkan laman web.
2. Layout

Simbol

Nama

Fungsi

horizontalarrangementmit
Horizontal ArrangementMenyusun komponen secara horizontal.
horizontalscrollarrangementmit
Horizontal Scroll ArrangementMenyusun komponen secara horizontal, namun jika lebar komponen melebihi lebar komponen ini, maka dapat digeser (scroll).
tablearrangementmit
Table ArrangementMembuat tabel.
verticalarrangementmit
Vertical ArrangementMenyusun komponen secara vertikal.
verticalscrollarrangementmit
Vertical Scroll ArrangementMenyusun komponen secara vertikal, namun jika tinggi komponen melebihi tinggi komponen ini, maka dapat digeser (scroll).
3. Media

Simbol

Nama

Fungsi

camcordermit
CamcorderMengaktifkan kamera HP dan merekam.
cameramit
CameraMengaktifkan kamera HP dan memotret.
imagepickermit
Image PickerMenampilkan galeri pada aplikasi. Pengguna dapat memilih gambar yang akan disimpan dari galeri yang ditampilkan.
playermit
PlayerMemainkan musik/audio dan mengatur vibrasi HP.
soundmit
SoundMemainkan musik/audio dan mengatur vibrasi HP dalam interval waktu tertentu.
soundrecordermit
Sound RecorderMerekam suara.
speechrecognizermit
Speech RecognizerMengkonversi suara menjadi teks menggunakan fitur speech recognition pada HP.
texttospeechmit
Text to SpeechMengkonversi teks menjadi suara. Pitch dan kecepatan pembacaan dapat diatur.
videoplayermit
Video PlayerMemutar video serta menampilkan pengaturannya.
yandextranslatemit
Yandex TranslateMenerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa yang lainnya.
4. Drawing and Animation

Simbol

Nama

Fungsi

ballmit
BallSprite bola yang dapat berinteraksi pada sentuhan dan tarikan, serta berinteraksi dengan sprite lainnya pada kanvas.
canvasmit
CanvasKanvas tempat sprite berinteraksi dengan pengguna atau dengan sprite lainnya, atau tempat pengguna menggambar.
imagespritemit
Image SpriteSprite gambar yang dapat berinteraksi pada sentuhan dan tarikan, serta berinteraksi dengan sprite lainnya pada kanvas.
5. Maps

Simbol

Nama

Fungsi

circlemit
CircleMemvisualisasikan lingkaran dengan radius tertentu (dalam meter) pada koordinat tertentu. Dapat juga digunakan untuk menjalankan program ketika pengguna berada di suatu area.
featurecollectionmit
Feature CollectionMengelompokkan fitur-fitur Maps. Event yang terjadi pada salah satu komponen pada kelompok tersebut, akan memicu event pada komponen-komponen lainnya.
linestringmit
Line StringMenggambar garis pada peta.
mapmit
MapMenampilkan peta pada layar aplikasi.
markermit
MarkerMemberi tanda pada suatu lokasi di peta.
polygonmit
PolygonMembuat perimeter pada peta.
rectanglemit
RectangleMerupakan polygon dengan garis lintang dan garis bujur untuk batas utara, selatan, timur, dan barat. Jika sudut segiempat dipindahkan, maka informasi koordinat akan diperbaharui.
6. Sensors

Simbol

Nama

Fungsi

acceleromit
Accelerometer SensorMendeteksi goyangan dan percepatan dalam m/s2.
barcodemit
Barcode ScannerMembaca barcode.
gyroscopemit
Gyroscope SensorMengukur kecepatan sudut dalam derajat/detik.
locationmit
Location SensorMenyediakan informasi geografis seperti koordinat, ketinggian, kecepatan, dan alamat. Dapat juga mengkonversi alamat menjadi koordinat.
nearfieldmit
Near FieldMemungkinkan aplikasi mengaktifkan fitur komunikasi jarak dekat (NFC).
orientationmit
OrientationMenentukan orientasi HP.
pedometermit
PedometerMenentukan banyaknya langkah, dan jarak yang ditempuh.
proximitymit
Proximity SensorMengukur jarak antara objek dengan layar HP.
7. Social

Simbol

Nama

Fungsi

contactpickermit
Contact PickerMenampilkan list berisi kontak ketika ditekan.
emailpickermit
Email PickerMenampilkan list berisi email ketika pengguna mengetikkan kata kunci ataupun email dari orang yang dituju.
phonecallmit
Phone CallMelakukan panggilan telepon.
phonenumberpickermit
Phone Number PickerMenampilkan list berisi nomor kontak pada layar HP.
sharingmit
SharingMemungkinkan pertukaran berkas atau pesan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya yang terdapat pada HP.
textingmit
TextingMengirim pesan teks ke suatu nomor kontak.
twittermit
TwitterMemungkinkan komunikasi dengan Twitter sehingga pengguna dapat membuat tweet, melihat tweet, dll.
8. Storage

Simbol

Nama

Fungsi

filemit
FileMenerima atau mengirim berkas. Dapat juga digunakan untuk membaca atau menulis berkas.
fusiontablesmit
Fusiontables ControlMemungkinkan komunikasi dengan Google Fusion Table. Google Fusion Table dapat menyimpan, membagikan, query, dan memvisualisasikan tabel data.
tinydbmit
TinyDBMenyimpan data untuk aplikasi sehingga ketika aplikasi ditutup, dan kemudian dibuka kembali, data masih tersimpan.
tinywebdbmit
TinyWebDBMenyimpan data pada web.
9. Connectivity

Simbol

Nama

Fungsi

activitystartermit
Activity StarterMemanggil aplikasi lain.
bluetoothclientmit
Bluetooth ClientMembuat aplikasi sebagai Bluetooth client.
bluetoothservermit
Bluetooth ServerMembuat aplikasi sebagai Bluetooth server.
webmit
WebMemungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dengan web dan menyediakan fungsi untuk HTTP GET, POST, PUT, dan DELETE.
10. Experimental

Simbol

Nama

Fungsi

clouddbmit
CloudDBMemungkinkan pengguna aplikasi untuk saling bertukar data pada database dengan software Redis.
firebasedbmit
FirebaseDBMemungkinkan pengguna aplikasi untuk saling bertukar data pada database dengan Firebase.

Halaman Blocks

Pada halaman blocks terdapat beberapa codeblock yang berfungsi untuk memprogram aplikasi android sesuai yang diinginkan. Pada halaman block terdapat beberapa komponen seperti Control, Logic, Math, Text, Lists, Colors, Variables, dan Procedures. Berikut adalah komponen yang terdapat pada halaman blocks:

1. Control

Blok Kode

Fungsi

controlmit1
If kondisional. Jika “if” memenuhi syarat, maka blok yang ada setelah “then” dieksekusi.
controlmit2
Looping dari angka pertama hingga angka terakhir dengan suatu interval. Maka gambar disamping berarti loop dari angka 1 hingga 5 dengan interval 1: 1, 2, 3, 4, 5.
controlmit3
For bertingkat. Untuk setiap objek dalam list, dilakukan looping.
controlmit4
Jika nilai test true, maka loop while berjalan.
2. Logic

Blok Kode

Fungsi

logicmit1a logicmit1b
Boolean true/false.
logicmit2
Jika dipasangkan dengan true/false maka true menjadi false, dan false menjadi true.
logicmit3
Memeriksa apakah satu objek sama dengan/tidak sama dengan objek di kanan. Jika sesuai kriteria, maka blok akan bernilai true, dan false jika tidak sesuai.
logicmit4
Pada logika and jika kedua syarat terpenuhi, maka nilainya menjadi true. Sedangkan pada logika or, jika salah satu syarat atau keduanya terpenuhi, maka nilainya menjadi true.
3. Math

Blok Kode

Fungsi

mathmit1
Digunakan untuk menginput angka.
mathmit2
Digunakan untuk membandingkan dua angka. Perbandingan dapat berupa sama dengan, tidak sama dengan, lebih dari, kurang dari, lebih dari sama dengan, dan kurang dari sama dengan.
mathmit3
Operasi matematika dasar, yaitu tambah, kurang, kali, bagi, pangkat, dan modulus.
mathmit4
Mengambil nilai integer secara acak dari range yang ditentukan.
mathmit5
Operasi trigonometri sin, cos, tan.
4. Text

Blok Kode

Fungsi

textmit1
Teks kosong.
textmit2
Menggabungkan dua atau lebih teks.
textmi3
Memeriksa jika teks kosong atau tidak.
textmit4
Memeriksa apakah ada bagian tertentu dalam suatu teks.
textmi5
Memisahkan teks pada penanda tertentu dan membuatnya menjadi list.
5. List

Blok Kode

Fungsi

listmit1
Membuat list kosong.
listmit2
Membuat list.
listmit3
Menambahkan elemen pada list.
listmit4
Memeriksa apakah ada elemen tertentu pada list.
listmit5
Memeriksa banyaknya elemen pada list.
listmit6
Memeriksa apakah list kosong atau tidak.
listmit7
Mengambil elemen dari suatu list.
listmit8
Menghapus elemen dari suatu list.
6. Colors

Blok Kode

Fungsi

colorsmit1
Pilihan warna yang disediakan MIT AI.
colorsmit2
Membuat warna sendiri dengan menggunakan kode RGB warna.
7. Variables

Blok Kode

Fungsi

variablesmit1
Membuat suatu variabel global.
variablesmit2
Mengambil variabel global.
variablesmit3
Memodifikasi isi dari variabel global.
8. Procedure

Blok Kode

Fungsi

proceduremit1
Membuat suatu prosedur.
proceduremit2
Membuat suatu fungsi yang mengembalikan hasil tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar